Senin, 17 Agustus 2009

menyesal

keyword : penyesalan selalu datang terlambat

sudah sering kita mendengar kata-kata itu bahkan sampai bosan kita mendengarnya tapi tetap saja hal itu menjadi salah satu momok (hal yang ditakutkan) di kalangan manusia beradab,hmm definisi manusia beradab itu apa y? haha bahas lain kali aja
satu kata yang membuat banyak manusia-manusia takut untuk melangkah takut untuk mengambil keputusan.
penyesalan cuma itu,
kamu kenapa ngga nglakuin ini? jawabnya takut salah terus nyesel
kamu kenapa ngga milih itu? jawabnya takut salah terus nyesel

kenapa semua orang takut dengan yang namanya penyesalan?
seperti baru-baru ini aku punya teman cewek,dia mau masuk kuliah dan dia bingung untuk memilih jurusannya. aku hanya berkata 'ambil sesuai dengan maumu' tapi kenyataan dia ambil jurusan yang beda hanya karena sebuah alasan 'banyak orang gagal klo masuk jurusan itu,aku ngga mau nyesel nanti'
padahal klo dilihat,jurusan yang dia ambil sekarang inipun presentase orang gagalnya sama besarnya. jadi apa bedanya?
sebenarnya yang membedakan hanya dari cara pandang saja,klo kamu melihat satu sisi dari sudut kegagalannya saja seperti cara temanku itu ya yang terlihat juga hanya kegagalan mulu sepanjang perjalanan.
lalu ada lagi orang yang pacaran,dia tahu pacarnya sudah kehilangan rasa tapi pacarnya terlalu pengecut untuk mengutarakan yang sebenarnya DAN YANG PALING MENJENGKELKAN pasangannya itu sudah mengetahui tapi dia hanya diam dengan alasan biar cowo dulu yang ambil keputusan (lagi-lagi) aku takut nyesel karena salah ambil keputusan
ok aku tahu itu hak mereka mau melakukan apa tapi pernahkah kita melihat penyesalan jangan dari sisi penderitaannya aja?
aku belajar melihat penyesalan itu dari sisi manfaat yang aku peroleh,aku pertebal kata 'masih belajar'
penyesalan itu masuk dalam proses hidup kan? proses hidup yang menyakitkan emang tapi aku kira mendapatkan sebuah penyesalan adalah salah satu cara tercepat untuk belajar
kita kehilangan seseorang yang kita sayangi,kita menyesali kepergiannya dan dengan cepat kita menyadari kesalahan apa yang telah kita perbuat
kita kehilangan barang kita yang penting maka dengan cepat kita belajar untuk menjadi seseorang yang lebih teliti dan berhati-hati untuk menjaga barangnya
lalu soal kata orang yang berkata 'penyesalan selalu datang terlambat'
penyesalan mah emang datangnya selalu belkangan klo ngga gtu gimana caranya seseorang mau belajar?
dan terlambat,ngga ada kata terlambat menurutku mungkin timingnya kurang pas sehingga terlewat
terlihat membual tulisan diatas tapi ini aku tulis buat refleksi aku sendiri supaya aku inget kalau suatu saat aku dihadapkan dengan yang namanya 'penyesalan',yaaahh syukur2 orang yang mau baca juga mudeng maksudnya

o iya,tapi kalau terlalu banyak penyesalan di hidup mending mati ajalah
gile banyak nyesel ga bersyukur itu namanya
hahaha (mulai melenceng dari topik)

selamat hari senin semua!