Selasa, 22 September 2009

the golden triangle

postingan kali ini membahas tentang segitiga bermuda bukan merk tepung ataupun underwear!
pasti kita semua pernah mendengar laut misterius yang sudah sering memakan korban. jika kita buka peta maka kita dapat menarik garis dari kota Miami ke kota San Juan di Puerto Rico, dari San Juan ke pulau Bermuda, dan kembali ke Miami di daerah Florida, Amerika. jujurnya akupun belum pernah melihat tempat ini palingan baca di buku atau nonton di film tapi bolehlah dibahas.

sekedar informasi awal mula ditemukannya segitiga bermuda oleh Christopher Columbus, ia pernah mencatat misteri yang terjadi di sini dalam pelayaran penjelajahan samuderanya. Tahun 1942, saat Colombus bergerak menuju Amerika, ia melintasi Samudera Atlantik yang termasuk kawasan Segitiga Bermuda. Ia mencatat tentang laut yang tampak aneh walau cuaca tampak baik. Kompas kapal-nya tiba-tiba mengalami kekacauan, berputar tak tentu arah. Colombus mencatat, pada suatu malam kru kapalnya melihat pijar bola-bola api di angkasa yang menghujam laut. Namun seluruh pelayaran Colombus terbilang aman.

kalau mau baca lengkapnya,ini linknya http://www.franciscan-archive.org/columbus/opera/excerpts.html

Berbagai peristiwa kehilangan di area tersebut pertama kali didokumentasikan pada tahun 1951 oleh E.V.W. Jones dari majalah Associated Press. Jones menulis artikel mengenai peristiwa kehilangan misterius yang menimpa kapal terbang dan laut di area tersebut dan menyebutnya ‘Segitiga Setan’. Hal tersebut diungkit kembali pada tahun berikutnya oleh Fate Magazine dengan artikel yang dibuat George X. Tahun 1964, Vincent Geddis menyebut area tersebut sebagai ‘Segitiga Bermuda yang mematikan’, setelah istilah ‘Segitiga Bermuda’ menjadi istilah yang biasa disebut.

banyak sekali pendapat dari ahli mengenai hilangnya pesawat maupun kapal-kapal tersebut. mulai dari pendapat mengenai adanya magnet berkekuatan besar yang dapat menyeret kapal yang beratnya ribuan ton ataupun pesawat terbang yang melintas diatasnya. ada juga yang berpendapat didaerah tersebut adalah tempat bertemunya arus dingin dan panas sehingga terciptalah pusaran besar didalam laut. lalu teori mengenai gas metana yang dipublikasikan untuk pertama kali tahun 1981 oleh Badan Penyelidikan Geologi Amerika Serikat. hingga penjelasan yang cukup menarik dan tidak masuk akal seperti segitiga bermuda adalah kerajaan jin lalu pangkalan rahasia alien. oke khusus kerajaan jin itu aku ngakak, ngga keren amat teorinya meskipun aku membacanya dari salah satu buku

Tetapi mengenai peristiwa bentuk gaib di Segitiga bermuda ini masih belum dapat dikemukakan dan masih berupa pertanyan yang akan berujung pertanyaan lagi. Mungkin di udara terdapat semacam gangguan atmosfir yang berupa “lubang di langit”. Ke lubang itulah pesawat terbang masuk tanpa sanggup untuk keluar lagi. Dari misteri “Lubang di Langit” ini membentuk sebuah teori tentang adanya semacam perhubungan antara dunia dengan dimensi lain. lubang di Langit itu dianggap semacam alat transportasi seperti tampak di film Star Trek. tapi apa mungkin lubang langit itu bisa mencakup daerah seluas itu? dan perlu diingat saat ini langit kita dipenuhi dengan satelit jadi tiak mungkin jika ada keanehan-keanehan tertentu dan mereka tidak mengetahuinya

Ada tempat di Segitiga Bermuda yang disebut Tongue of the Ocean atau “Lidah Lautan”. Lidah Lautan mempunyai jurang bawah laut Bahama. Ada beberapa peristiwa kecelakaan di sana. Tidak banyak yang belum diketahui tentang Segitiga Bermuda, sehingga orang menghubungkan misteri Segitiga Bermuda ini dengan misteri lainnya. Misalnya saja misteri Naga Laut yang pernah muncul di Tanjung Ann, Massachussets AS, pada bulan Agustus 1917. Mungkinkah naga laut ini banyak meminta korban itu? Ataukah arus Cromwell di Lautan Pasifik yang menyebabkan adanya gelombang lautan disitu atau angin topan, gempa bumi di dasar lautan? Tak ada orang yang tahu.

Konon di sekitar kepulauan Bahama terdapat blue hole, yaitu semacam gua lautan. Dulu gua ini memang sungguh ada, tetapi setelah jaman es berlalu, gua ini terendam. Arus didalamnya sangat kuat dan sering membuat pusaran yang berdaya hisap. banyak kapal-kapal kecil atau manusia yang terhisap ke dalam blue hole itu tanpa daya, dan anehnya kapal-kapal kecil yang terhisap itu akan muncul kembali ke permukaan laut selang beberapa lama. Tapi yang menimbulkan pertanyaan ialah: mungkinkah Blue Hole ini sanggup menelan kapal raksasa ke dasar lautan?

Misteri lain yang masih belum terungkap adalah misteri Makhluk Laut Sargasso, yang bukan semata-mata khayalan. Di Lautan Sargasso itu banyak kapal yang tak pernah sampai ke tujuannya dan terkubur di dasar laut itu. Di sana terhimpun kapal-kapal dari berbagai jaman, harta karun, mayat tulang belulang manusia. Luas Laut Misteri Sargasso ini 3650 km untuk panjang dan lebarnya 1825 km, dan di sekelilingnya mengalir arus yang kuat sekali, sehingga membentuk pusaran yang sangat luas yang berputar perlahan-lahan searah jarum jam. Didasar lautnya terdapat pegunungan yang banyak dan mempunyai tebing dan ngarai yang terjal.

Konon perairan Karibia merupakan tempat yang banyak menyimpan keanehan-keanehan, seperti cahaya-cahaya yang tak jelas asalnya, bayangan-bayangan yang menakutkan, yang keluar masuk permukaan laut, bentuknya tak jelas tapi lebih besar dari ikan paus. Bentuknya seperti ubur-ubur raksasa dengan warna kulit keputihan dan pernah dilihat oleh dua orang (artinya bukan sekedar khayalan anak kecil).

“Ubur-ubur raksasa” itu seperti mampu mengganggu jarum kompas dan menyerap energi fisik. Mungkin “ubur-ubur raksasa” itu bukan binatang, melainkan pangkalan UFO yang dapat keluar masuk dari dalam laut. Keanehan lain di dekat pulau Puerto Rico, tampak suatu pancaran air raksasa yang membentuk cendawan atau kembang kol. Laut di tempat itu mempunyai kedalaman sampai 10 km. Kejadian ini sempat dilihat oleh awak pesawat Boeing 707 pada tanggal 11 April 1963. Menurut mereka cendawan air itu mempunyai garis tengah selebar 900-1800 meter dengan ketinggian separuhnya. Mungkin itu hanya percobaan nuklir dari negara Amerika atau lainnya? Tapi pihak Amerika tidak membenarkannnya, sebab tak mungkin mencoba bom di jalur penerbangan. Mungkin ledakan itu berasal dari kapal selam nuklir Thresher yang hilang sehari sebelumnya, tapi lokasi hilangnya kapal selam itu ribuan km dari sana.

Ada sebuah tempat di perairan Boca Raton, yang di sana terdapat sebuah pipa bergaris tengah 20 cm. Jelas bukan milik Amerika (untuk lebih lanjut: earthlings). Peristiwa ini dilihat oleh suami istri Lloyd Wingfields. Mereka melihat sebuah tiang asap disana, dan ketika didekati oleh mereka, tampak sebuah pipa yang muncul dari dasar laut yang merupakan sumber keluarnya asap itu. Asap itu sendiri tak mengeluarkan bau dan berwarna kekuning-kuningan. Mungkinkah pipa itu tertancap dari sumber api di dasar laut? Pangkalan UFO di dasar lautkah yang menyebabkannya? ataukah fenomena alam?

Lagipula kedalaman laut itu cukup dalam, sehingga mereka tak berani menyelam untuk melihat lebih lanjut, juga mereka melihat (sesudahnya) sebuah helikopter yang mengalami kerusakan mesin dan berusaha mendarat darurat di laut.

salah satu insiden paling menggemparkan yaitu flight 19 yang merupakan kesatuan angkatan udara dari lima pesawat pembom angkatan laut Amerika Serikat hilang secara bersamaan tanpa diketahui penyebabnya yang jelas pada 5 Desember 1945. Lima pesawat pembom Grumman TMB-3 Avenger itu lenyap beserta 14 pilot dan kru-nya. Satu insiden dalam dunia penerbangan yang paling menghebohkan. Bahkan satu pesawat amfibi PBM Mariner yang mengemban misi penyelamatan kelima pesawat itu mengalami nasib serupa, hilang di Segitiga Bermuda sekitar beserta 13 kru dan tim SAR.

kisah lengkapanya baca disini, http://www.bermuda-triangle.org/html/mantell.html

Lalu Oktober 1951, kapal tanker "Southern Isles" lenyap ketika berlayar dalam konvoi. Iring-iringan kapal lain hanya melihatnya cahaya kapal itu terakhir kali sebelum hilang tanpa bekas. Insiden lain kapal tanker "Southern Districts" tenggelam dengan cara yang sama pada Desember 1954. Ia hilang tanpa meninggalkan SOS ketika berlayar melintasi wilayah Segitiga Bermuda menuju utara arah South Carolina.

tapi dari sekian banyak teori itu,ada satu orang yang memiliki penjelasan kontroversial. Lawrence David Kusche dalam bukunya "The Bermuda Triangle Mystery Solve" (1975) menyimpulkan bahwa kapal-kapal dan pesawat terbang yang dilaporkan hilang di daerah tersebut tidak begitu besar secara signifikan bila dibandingkan dengan yang terjadi di belahan samudera lainnya. Ia menyatakan, dalam daerah yang sering mengalami badai tropis, jumlah yang hilang itu sebagian besarnya tidaklah begitu menyolok ataupun bersifat misterius.

tidak lupa ia juga menyinggung para peneliti lain yang terkesan membesar-besarkan hal tersebut. misal ada sebuah kapa boat yang hilang di perairan tersebut,namun ketika boat itu kembali hal tersebut tidak dilaporkan sehingga orang-orang tahunya boat itu menghilang secara misterius.

tapi bagaimana dengan insiden skala besar macam flight 19 itu?

masih banyak tanda tanya dan biarkan orang-orang pintar itu mencari jawabannya,temanku si ekinpun tertawa ketika aku bicara soal hal ini hahaha
yaah jujurnya aku berharap mudah-mudahan emang di samudera tersebut ada pangkalan aliennya jauh lebih baik daripada kerajaan jin atau jangan-jangan jin-jin tersebut bekerjasama dengan para alien dan jangan-jangan juga saat ini mereka sedang tertawa karena kita sibuk sendiri mencari penjelasan mengenai insiden-insiden misterius itu
who knows?